5 Cara Pilih Aplikasi Edit Video Android

5 Cara Pilih Aplikasi Edit Video Android

Sebelum video diunggah ke media sosial atau untuk keperluan tertentu misal tugas sekolah, video akan diedit lebih dahulu. Untuk mengeditnya, Anda bisa menggunakan aplikasi edit video di ponsel Anda. namun, sebelum menggunakan, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan.

Kebutuhan

Pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan Anda untuk mengedit video. Apakah Anda hanya ingin sebatas mengedit seperti cutting atau juga ingin memberikan efek lengkap pada video.

Ini karena masing-masing aplikasi edit video memiliki keunggulan dengan fitur yang berbeda satu dengan yang lain. Ada yang memiliki efek lengkap namun ada yang hanya memiliki fitur edit dasar saja.

  • Gratis atau Berbayar

Sama seperti website untuk anak-anak, pada dasarnya, ada 2 jenis aplikasi untuk edit video yang bisa dipilih yaitu gratis dan berbayar. Umumnya, aplikasi gratis saat di download. Namun, untuk menggunakan fitur tertentu misalnya tambahan efek agar terlihat profesional, Anda harus membayar atau berlangganan.

5 Cara Pilih Aplikasi Edit Video Android
5 Cara Pilih Aplikasi Edit Video Android

Karena hal tersebut, pertimbangkan kebutuhan dan juga budget yang Anda miliki. Jika Anda hendak menggunakannya untuk keperluan professional dan jangka panjang, Anda bisa menggunakan yang berbayar. Sedangkan jika untuk keperluan pribadi, misalnya belajar edit video, Anda bisa gunakan yang gratis.

  • Watermark atau Tidak

Ada aplikasi yang memang tanpa watermark namun ada pula yang berwatermark. Untuk menghilangkan watermark tersebut, Anda harus membayar dengan biaya tertentu agar bisa menggunakan fitur tersebut. 

Pertimbangkan hal ini untuk menyesuaikan video yang akan Anda buat. Misalnya, Anda hanya membuat video untuk kegiatan anak sebagai tugas sekolah. Dengan menggunakan aplikasi video berwatermark, hal tersebut tidak masalah.

Sebaliknya, jika Anda membutuhkan aplikasi edit tersebut untuk keperluan professional misalnya untuk portofolio. Anda bisa gunakan yang tanpa watermark. Kenapa? Karena hal tersebut akan meningkatkan profesionalitas Anda.

  • Size

Jangan lupa mempertimbangkan mengenai ukuran dari aplikasi tersebut. Apakah butuh space atau memori yang besar atau tidak. Ini karena ada beberapa aplikasi yang memiliki ukuran hingga 100 MB.

Jika Anda paksakan sedangkan memori ponsel Anda tidak mencukupi, hal tersebut akan berpengaruh pada performa. Misalnya ponsel Anda menjadi lelet, tidak responding bahkan terjadi crash. Selain itu, Anda juga bingung untuk menyimpan file edit dimana karena memorinya yang penuh.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda cek dulu memori ponsel Anda. Apakah masih cukup banyak, hanya cukup untuk aplikasi edit atau justru kurang. Lalu, bandingkan dengan aplikasi yang akan Anda gunakan, apakah ukurannya besar atau tidak.

  • Interface atau Tampilan Muka

Cek juga tampilan aplikasi sederhana atau rumit. Kemudahan dalam penggunaan aplikasi akan sangat berpengaruh pada kenyamanan Anda saat mengoperasikannya. Karena itu, coba dulu atau cek komentar user yang lain, apakah nyaman digunakan atau tidak.

Itulah beberapa pertimbangan dalam memilih aplikasi edit video yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bisa membantu Anda.

Author: RAHMI SUPIA