Apa itu Logo?

Apa itu Logo?

Apa Itu Logo?

Nesql – Untuk memahami apa itu logo, pertama-tama kita harus memahami apa tujuan utama logo. Proses desain harus bertujuan untuk membuat logo segera dikenali, menginspirasi kepercayaan, kekaguman, kesetiaan, dan keunggulan yang tersirat. Logo adalah salah satu aspek dari merek komersial atau entitas ekonomi perusahaan, dan bentuk, warna, font, dan gambarnya biasanya sangat berbeda dari logo lain di ceruk pasar yang sama. Logo keren digunakan untuk mengidentifikasi

 

Paul Rand, salah satu desainer terhebat di dunia menyatakan bahwa “logo adalah bendera, tanda tangan, nama pelengkap, tanda jalan. Logo tidak menjual (secara langsung), itu mengidentifikasi . Logo jarang merupakan deskripsi bisnis. Sebuah logo memperoleh makna dari kualitas hal yang dilambangkannya, bukan sebaliknya. Sebuah logo kurang penting dari produk yang diartikannya; apa yang diwakilinya lebih penting dari apa yang terlihat. Materi pokok logo bisa hampir apa saja. ”

 

Apa Yang Membuat Logo Bagus?

 

Logo yang baik memiliki ciri khas, pantas, praktis, grafis, dan bentuknya sederhana, serta menyampaikan pesan yang diinginkan pemiliknya. Sebuah konsep atau “makna” biasanya berada di balik logo yang efektif, dan itu mengkomunikasikan pesan yang dimaksudkan. Logo harus dapat dicetak dalam berbagai ukuran dan, dalam banyak kasus, efektif tanpa warna. Logo yang bagus pada dasarnya bermuara pada dua hal: konsep hebat dan eksekusi hebat.

 

Proses Desain Logo

“Beberapa orang bertanya-tanya apa sulitnya membuat logo yang bagus . Mereka kecil, mereka terlihat mudah dilakukan, jadi tidak masalah, bukan? Ketika Anda hanya melihat hasil dari upaya seorang desainer, pembuatan logo bisa terlihat seperti tugas yang sederhana. Tapi ternyata tidak. Sebuah logo membutuhkan pemikiran dan kreativitas, dan banyak elemen digabungkan untuk membuat logo menjadi bagus. ” (melalui Harrison Mcleod )

 

Saat membuat logo, ikuti proses yang memastikan desain akhir memenuhi kebutuhan klien. Di bawah ini, kami telah membuat daftar proses khas yang diikuti oleh desainer logo profesional. Dengan latihan, Anda pasti akan mengembangkan milik Anda sendiri.

 

Ringkasan desain . Lakukan kuesioner atau wawancara dengan klien untuk mendapatkan ringkasan desain.

 

Riset . Melakukan penelitian tentang industri itu sendiri, sejarah dan pesaingnya. Pecahkan masalah dulu, desain nanti.

 

Referensi . Melakukan penelitian tentang desain logo yang telah sukses dan tentang gaya dan tren terkini yang mungkin berhubungan dengan ringkasan desain. Ikuti tren bukan untuk kepentingan mereka sendiri tetapi untuk menyadarinya: umur panjang dalam desain logo adalah kuncinya.

 

Membuat sketsa dan membuat konsep . Kembangkan konsep desain logo seputar brief dan penelitian Anda. Ini adalah satu-satunya bagian terpenting dari proses desain. Jadilah kreatif dan dapatkan inspirasi. Seperti yang pernah ditulis Dainis Graveris , “ Membuat sketsa tidak memakan waktu dan merupakan cara yang sangat baik untuk menuangkan ide di kepala Anda tepat di atas kertas. Setelah itu, mendesainnya di komputer akan selalu lebih mudah. Membuat sketsa membantu mengembangkan imajinasi Anda: setelah Anda memahaminya, Anda akan selalu mulai dari kertas putih.

Author: RAHMI SUPIA