Cara Membuat Desain Website dengan Notepad dari Lembar Kosong

Logo keren

Bagaimana cara membuat desain website dengan Notepad? Banyak orang yang menganggapnya terlalu sulit. Notepad memang dikenal sebagai teks editor dasar dengan fitur-fitur sederhana. Sementara penulisan kode program perlu memerhatikan banyak aspek, kesalahan satu karakter saja bisa berakibat pada kegagalan fungsi. Dengan alasan inilah banyak orang bersikeras bahwa mendesain website di Notepad sangat tidak efektif.

Tapi di sisi lain, kesederhanaan Notepad sebagai teks editor justru sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang sedang memelajari desain website. Kalau harus langsung terjun ke teks editor profesional, desainer pemula pasti kesulitan. Terlalu banyak fitur dan fungsi yang belum dapat mereka jangkau. Karena itulah, pada tahap ini, Notepad lebih efektif. Langkah-langkahnya juga sangat mudah, simak di uraian berikut :

 

Cara Membuat Desain Website dengan Notepad

 

  • Buka Notepad dan Pahami Cara Pakainya

Sebelum melangkah lebih jauh ke tahap penulisan kode program, cara membuat desain website dengan Notepad dimulai dari penguasaan aplikasi. Silahkan buka Notepad dari menu Accessories. Semua versi Windows pasti menyertakan Notepad sebagai aplikasi bawaan.

Setelah itu, cobalah mengakses bagian Menu Bar dan setiap sub-menu di dalamnya. Jangan ragu untuk mencoba, bila perlu klik saja semua sub-menu agar Anda tahu kegunaan dan cara pemakaiannya. Perhatikan sub-menu Word wrap, fitur ini akan sangat Anda butuhkan untuk menampilkan teks yang terlalu panjang menjadi beberapa baris agar sesuai dengan ukuran jendela Notepad.

 

  • Tulis Kode HTML dan CSS

Untuk level dasar, cara membuat desain website dengan Notepad dimulai dari dua bahasa pokok : HTML dan CSS. Kedua bahasa tersebut pasti digunakan di segala jenis situs, termasuk untuk membuat logo keren. HTML berfungsi untuk membuat struktur dan elemen dasar website, kemudian desainnya dipercantik dengan CSS.

Kami asumsikan bahwa Anda sudah menguasai dasar-dasar HTML dan CSS. Sekarang, tulislah kode program Anda ke layar kerja Notepad. Untuk tahap ini, lebih baik menggabungkan HTML dan CSS ke dalam satu file. Jika Anda sudah mulai mengembangkan project yang kompleks, CSS bisa dipisah dari HTML dan dibuatkan file sendiri agar lebih mudah dirawat.

 

  • Simpan dan Jalankan

Setelah selesai menulis kode, sekarang simpan file Anda ke direktori mana pun yang Anda inginkan. Anda bebas memberi nama file Anda, yang penting ekstensinya harus .html. Kalau Anda bingung, namai saja dengan belajar.html.

Kemudian, buka direktori tempat Anda menyimpan file HTML yang baru saja Anda buat. Klik ganda pada file tersebut atau klik kanan – open with – pilih browser favorit Anda. Jika kode Anda sudah benar dan tidak ada kesalahan syntax, browser akan menampilkan desain web yang baru saja Anda buat.

 

Cara Membuat Desain Website dengan Notepad, Kenapa Tidak?

Meskipun di luar sana ada banyak teks editor profesional yang menawarkan beragam fungsionalitas pemrograman, tidak ada salahnya untuk menggunakan versi yang lebih sederhana seperti Notepad. Karena kecil dan ringan, Notepad tidak akan memakan terlalu banyak ruang dan memori. Kinerjanya juga cepat, jauh lebih cepat dari teks editor profesional yang kerap menanamkan fitur yang sebenarnya jarang kita pakai. Tentang cara membuat desain website dengan Notepad, kalau Anda nyaman dan hasilnya maksimal, kenapa tidak?

Author: RAHMI SUPIA