Cara Membuat Hosting Sendiri dengan Biaya Rendah

Cara membuat hosting sendiri

Cara membuat hosting sendiri adalah solusi untuk Anda yang ingin launching website tapi tidak memiliki banyak biaya. Sebenarnya hosting website tidak harus menggunakan layanan dari pihak luar. Bahkan Anda bisa menggunakan komputer bekas dengan sumber daya standar untuk hosting website Anda sendiri. Cara ini tentu saja jauh lebih hemat daripada harus membayar biaya sewa di layanan web hosting.

Dengan web hosting pribadi, Anda bisa lebih fokus pada desain website, fitur, dan fungsi. Anda juga lebih bebas dalam melakukan kustomisasi hosting sesuai kebutuhan Anda. Tidak seperti web hosting luar yang kerap memaksakan OS atau aplikasi tertentu yang sebenarnya tidak sesuai dengan kebutuhan user.

 

Cara Membuat Web Hosting Sendiri

 

  • Linux atau Windows?

Cara membuat hosting sendiri dimulai dari pemilihan OS. Yang paling banyak digunakan untuk server adalah Windows dan Linux. Di antara keduanya, Linux menguasai pangsa pasar dengan persentase sekitar 70% dari seluruh server yang ada di dunia.

OS yang Anda pilih juga akan memengaruhi aplikasi yang Anda gunakan. Ada aplikasi tertentu yang hanya bisa diinstall di Windows, ada juga yang lebih cocok untuk dipakai di Linux. Jadi, pertimbangkan baik-baik perihal sistem operasi yang akan Anda gunakan untuk hosting.

 

  • Periksa Kecepatan Internet

Cara membuat hosting sendiri harus memerhatikan kecepatan dan stabilitas internet. Kecepatan harus disesuaikan dengan perkiraan traffic yang harus Anda tangani. Semakin banyak jumlah kunjungan ke website Anda, semakin tinggi pula kecepatan internet yang harus Anda sediakan. Untuk blog pribadi atau website sederhana, kecepatan standar saja sudah cukup.

Selain itu, koneksi internet Anda juga harus stabil. Hosting Anda harus menyala 24 jam sehari, jadi dibutuhkan stabilitas internet yang memadai. Koneksi yang kerap bermasalah akan berdampak pada performa website Anda yang secara langsung memengaruhi peringkat website Anda di Google. Konsultasi dengan ISP yang Anda pakai perihal stabilitas dan kecepatan internet yang ideal untuk hosting Anda.

 

  • Instalasi dan Konfigurasi

Jika semua persiapan sudah selesai dilakukan, sekarang waktunya untuk mempraktikkan cara membuat hosting sendiri. Apa pun OS yang Anda pilih, kami sarankan untuk menggunakan infrastruktur 64-bit agar performa hosting Anda lebih kuat. Lanjutkan dengan instalasi aplikasi yang diperlukan oleh web server.

Untuk Windows, ada add-on bernama IIS dengan dokumentasi lengkap mulai dari instalasi sampai pengaturan. Untuk Linux, yang paling populer adalah Apache. Ada juga opsi lain seperti Lighttpd dan NGINX. Jangan lupa untuk melakukan port forwarding, mengatur firewall, dan mendaftarkan IP Anda ke penyedia domain.

 

Cara Membuat Hosting Sendiri Agar Aman dari Hacker

Salah satu faktor yang perlu mendapat prioritas adalah keamanan. Hosting Anda harus aman dari serangan hacker, virus, dan malware. Linux diyakini lebih aman dari Windows karena variasi distronya menyulitkan hacker dalam melakukan serangan. Tingkatkan keamanan dengan firewall, anti virus, dan aplikasi administrator lainnya, Itulah cara membuat hosting sendiri dengan biaya rendah, kustomisasi penuh, dan keamanan yang mumpuni.

Author: RAHMI SUPIA