Buah Yang Baik Untuk Kesehatan

Buah Yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat buah bagi tubuh tidak diragukan lagi pentingnya. Buah selain enak dan segar, berbagai vitamin terkandung pada buah dalam jumlah melimpah. Misalnya, untuk mendapatkan vitamin C, tubuh bisa mengambil dari buah jeruk. Tetapi, buah yang tidak baik bisa mengakibatkan pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah buah yang baik untuk kesehatan.

Syarat Buah Yang Baik Untuk kesehatan

Buah tanpa bintik coklat

Bintik-bintik coklat atau kehitaman pada penampakannya merupakan indikasi buah tersebut dalam proses pembusukan. Perhatikan dengan teliti buah yang akan dikonsumsi. Buah dengan bintik-bintik coklat biasanya memiliki rasa yang sudah mulai berubah. Buah yang busuk akan mengganggu proses cerna tubuh. Terutama bagi yang sensitif.

Tidak mengandung bahan kimia

Bahan kimia pada buah bisa didapatkan saat proses penyemprotan guna menjauhkan buah dari hama pengganggu. Bahan kimia yang tertinggal dpada buah yang dikonsumsi akan mengendap pada tubuh, mengganggu proses cerna dan berpotensi menimbulkan berbagai penyakit. Akhir-akhir ini juga muncul upaya penipuan yang mencemaskan konsumen yaitu penyuntikan buah dengan zat pewarna tertentu sehingga buah terlihat dalam keadaan terbaik. Zat pewarna yang merupakan bahan kimia yang berbahaya ini sangat tidak dianjurkan ikut masuk ke dalam tubuh.

Tidak membuang bagian penting pada buah

Pada jenis buah tertentu, biasanya dikonsumsi dengan cara dikupas, misalnya apel dan jambu biji. Sebagian orang mengupas apel dan membuah kulitnya, padahal pada kulit apel tersimpan zat yang berguna bagi tubuh. Pada kulit apel mengandung vitamin A dan vitamin C. Sebagian besar vitamin C justru berada pada kulit apel. Begitu juga kandungan vitamin C pada kulit apel lebih besar dari kandungan vitamin C pada dagingnya. Jangan lupa untuk mencuci buah terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi agar buah terbebas dari debu dan kotoran yang mungkin menempel. Mengetahui syarat buah yang baik untuk kesehatan akan memaksimalkan fungsi buah dalam proses cerna karena buah yang dikonsumsi adalah buah dengan kualitas terbaik.

Author: RAHMI SUPIA